Sabtu, 03 Januari 2009

Tour De Bintan – Batam Bintan Trip of New Year 2009!

Setelah mendarat kembali di Pulau Batam pada akhir tahun 2005, gak kerasa udah lebih dari 3 tahun terlewatkan. Jjika selama ini kami hanya bisa berputar2 keliling Pulau Batam dan pulau-pulau yg terhubung oleh Jembatan Barelang, pada kesempatan ini mobil kesayangan keluarga turut membawa kami berliburan untuk menyambut bertahun baru 2009 dengan menyebrangi Pulau Batam ke Pulau Bintan. Kita akan mengisi liburan akhir tahun 2008 dengan berpetualang menjelajah dan menikmati keindahan pulau Bintan.

Dari gambar ini keliatan kalo Pulau Batam lebih kecil dari pada Pulau Bintan.

Untuk menyebrang dari pulau Batam ke pulau Bintan, sejak 2006 sudah ada pelayanan kapal RORO (Ferry) ASDP dari Pelabuhan ASDP Telaga Punggur–Batam ke Pelabuhan ASDP Tanjung Uban–Bintan. Dengan kapal RORO ini, kita bisa membawa mobil atau motor kita menyebrangi pulau. Dengan prosedur cukup mudah, untuk motor dan mobil yg khusus ber-plat nomor NON X (dari Batam) hanya perlu siapkan kondisi kendaraan beserta fotokopi STNK+BPKB+SIM untuk bikin surat jalan di kantor polisi yang ada di pelabuhan ASDP Telaga Punggur. Setelah itu kita bisa membeli tiket untuk menaikkan kendaraan ke Kapal penyebrangan Indonesia Ferry ASDP.

Pintu gerbang pelabuhan ASDP Telaga Punggur

Suasana loket pelabuhan

Ketika kami sampai di pelabuhan Telaga Punggur, disana sudah ada banyak mobil yang mengantri mau menyeberang, padahal kita sampai disini 1 jam sebelum trip ke 2 berangkat. Kata seorang calon pemumpang lain, sopir harus mendaftarkan dulu kendaraanya untuk bisa dinaikkan kekapal. Pas saya daftar rupanya saya dapat nomor 28, dan rupanya hanya 25 mobil yg bisa diberangkatkan pada trip ke dua ini karena kapasitas maksimum jumlah kendaraan roda 4 yang bisa diangkut oleh KMP Kuala Batee II adalah 25. Walah gak jadi berangkat dong???
Tapi setelah menunggu beberapa saat, ada juga beberapa mobil2 lain yg baru sampai dipelabuhan untuk menyebrang. Setelah dipertimbangkan akhirnya pihak ASDP memutuskan menambah trip ekstra dengan KMP Paray yang ukurannya lebih kecil dari Kuala Batee II, at the end kami dapat diberangkatkan pada trip ekstra dengan kapal yang kapasitasnya hanya pas untuk 10 mobil.

Urutan nomor satu masuk ke KMP Paray

Dapet parkir di pojok

Posisi lumayan mepet

Motor2 berbaris rapi menaiki kapal

Suasana lorong kapal

Posisi mobil di KMP Paray

Rampway Pelabuhan Punggur

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar