Kamis, 16 September 2010

Lebaran Adventure 2010, ASDP RoRo Trip from Tg Balai Karimun to Buton Mengkapan

Tanpa bikin rencana sebelumnya, dihari pertama Hari Raya Idul Fitri 1431H saya memutuskan untuk jalan-jalan ke Tanjung Balai Karimun dan lompat lagi ke Tanjung Buton Riau dengan menaiki Kapal RoRo perintis perhubungan darat antara Kepri dan Sumatera.

Rute ferry penumpang Pulau Batam ke Tg. Balai Karimun

Di sore hari saya dan Darrell berangkat dari rumah menuju pelabuhan Sekupang Batam, disana kita menaiki kapal ferry MV Miko Natalia 89 menuju pulau Tanjung Balai Karimun, tarif tiket Rp. 70.000 one way per orang. Kapal Ini berangkat 4 s/d 5 kali pp antara Karimun dan Batam setiap hari.


Kapal MV Miko Natalia 89, from Sekupang Batam to Tanjung Balai Karimun

Darrell sesampainya di Pulau Karimun

Sesampainya dipelabuhan Karimun, kita mejeng sebentar di pelabuhan untuk ambil poto. Dari pelabuhan kami ingin melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan RoRo Parit Rempak. Berbekal informasi dari Mas Joko dari ASDP Kepri, untuk mencapai pelabuhan Parit Rempak dari pelabuhan Tg. Balai, cari angkot berwarna biru dan turun di depan Kantor Pos Meral (Ongkos Rp. 5000 berdua). Lalu dari sini dilanjutkan lagi perjalanan ke Pelabuhan RoRo Parit Rempak dengan menumpang ojek (Ongkos Rp. 10.000).

Kira-kira 25 kendaraan antre mo naik Kapal RoRo Karimun to Mengkapan Buton

Sesampainya di Pelabuhan Parit Rempak Meral, suasana arus mudik lebaran 1431H masih sangat terasa, kami menjumpai puluhan kendaraan roda empat dan roda dua yang sedang mengantri untuk masuk ke Kapal RoRo KMP Sinangin. Kendaraan2 tersebut disesaki oleh barang2 dan para penumpangnya. Kapal ini akan berangkat menuju Pulau Sumatera tepatnya ke pelabuhan RoRo Tanjung Buton - Mengkapan Kabupaten Siak Riau.

Inilah moment yang saya tunggu-tunggu untuk mencoba naik Kapal RoRo ASDP KMP Sinangin yang mulai beroperasi sejak September 2009 untuk menghubungkan Provinsi Kepulauan Riau dan Provinsi Riau daratan layaknya sebuah jembatan bagi kendaraan roda empat/dua yang menaikinya. Yang dapat saya lihat, Pelabuhan RoRo & Kargo Karimun mempunyai areal yang cukup luas, namun pemanfaatannya memang belum cukup maksimal. Dari info yang saya dapat, satu-satunya kapal penumpang yang berlayar dari sini adalah Kapal RoRo KMP Sinangin, yang biasanya berangkat di Hari Senin dan Jumat namun di musim arus mudik lebaran 1431H ini nyaris berangkat tiap hari dari H-7 sampai H+7.

Dek Kendaraan di Kapal Roro KMP Sinangin
Tempat Duduk Kelas Ekonomi KMP Sinangin

Tempat duduk kelas VIP di KMP Sinangin

Darrell Makan Mie
Saran kami kalo mo naik kapal ini harus siap2 bawa nasi dari rumah, karena di dalam kapal yang menempuh perjalanan kira-kira 10-12 jam gak ada yang jualan nasi, yang ada hanyalah Pop Mie.... dah tau khan bahayanya jika kebanyakan makan mie instan?


Tiket Dewasa

Tiket Anak

Car deck dipenuhi kendaraan di KMP Sinangin

Ada penumpang yg tidur di dekat car deck KMP Sinangin

Rute Kapal RoRo KMP Sinangin dari Tg Balai Karimun Kepri - Tg. Buton Mengkapan Siak Riau

Sepanjang pelayaran menuju Buton, jaringan hp Telkomsel hampir selalu ada :-), tapi tidak untuk Indosat Matrix yang selalu tidak dapet sinyal :-( . Setelah beberapa jam duduk dikursi VIP KMP Sinangin yang berpendingin udara sambil menikmati pemutaran DVD film-film Indonesia keluaran terbaru yang tersedia dikapal, akhirnya kita terlelap tidur... zzzz...zzz...zz... (bersambung ke part 2)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar