Selasa, 15 Februari 2011

Kapal Penyeberangan Karimun-Tanjungpinang Beroperasi Akhir 2011

Kapal Penyeberangan Karimun-Tanjungpinang Beroperasi Akhir 2011
Sabtu, 12 Februari 2011 23:47 WIB

KARIMUN--MICOM: Kapal penyeberangan atau roro dari Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, menuju Tanjungpinang, ibu kota Provinsi Kepualauan Riau, ditargetkan beroperasi akhir 2011.

"Kapal penyeberangan atau roro yang melayani rute Tanjung Balai Karimun-Tanjungpinang adalah program pusat. Saat ini trayek tersebut masih dibahas dan diperkirakan beroperasi akhir tahun ini," kata Kepala Dinas Perhubunga Karimun Cendra Nawazir di Tanjung Balai Karimun, Sabtu (12/2).

Pengadaan kapal roro untuk jurusan tersebut dianggarkan pusat melalui APBD provinsi. Tujuannya untuk mempermudah akses transportasi terutama dalam mendistribusian kebutuhan bahan pokok.

"Kami tidak ingat berapa anggarannya. Namun yang jelas kapal roro tersebut dianggarkan melalui APBN,'' ucapnya.

Keberadaan kapal roro yang menghubungkan Karimun dengan ibu kota provinsi sangat penting dan merupakan program prioritas sejalan dengan program pengembangan sektor maritim, khususnya bidang kepelabuhanan. Selama ini, arus barang dari Tanjungpinang mengandalkan kapal kargo yang terbatas.

"Ke depan, warga Karimun bisa membawa kendaraannya ke Tanjungpinang, begitu juga sebaliknya. Dampaknya sanga positif bagi pengembangan perekonomian masyarakat," katanya.

Pengoperasian kapal roro menuju Tanjungpinang nantinya akan disejalankan dengan pengoperasian pelabuhan roro Selat Beliah, Kundur Barat. Saat ini, pihaknya baru memiliki satu kapal roro yang melayani rute Tanjung Balai Karimun-Tanjungbuton Riau yang berlayar sekali dalam sepekan melalui pelabuhan Parit Rampak, Kecamatan Meral.

"Jika pelabuhan roro Selat Beliah beroperasi, maka kapal jurusan Buton terlebih dahulu singgah di sana. Sehingga perekonomian masyarakat Pulau Kundur akan berkembang dengan akses transportasi laut yang memadai," ucapnya. (Ant/OL-5)

Dikutip dari


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar