Minggu, 18 Maret 2012

Putus, Rute Tanjungpinang-Karimun

Putus, Rute Tanjungpinang-Karimun
 
17 Maret 2012 - 09.27 WIB > Dibaca 47 kali Print
TANJUNGPINANG (RP) - Kapal roll on roll off (roro) KMP Lome yang mulai dioperasikan oleh ASDP Tanjungpinang sejak 13 Agustus 2011, kini sedang dalam perawatan tahunan atau yang sering disebut naik dok. Perawatan tahunan ini wajib dilaksanakan sekali setahun.

Hal ini disampaikan Kepala ASDP Kota Tanjungpinang dan Batam, Dadang Wijarnako, Jumat (17/3). Menurutnya, KMP Lome belum ada satu tahun berlayar cuma sudah lama dibuat dan baru dioperasikan.

“Awal April ini KMP Lome sudah selesai perawatan. Dan, sudah siap dioperasikan kembali. Untuk sementara rute Tanjungpinang-Karimun ditutup karena tidak ada kapal pengantinya,” kata Dadang.

Menurutnya, tak lama lagi satu per satu antar kabupaten dan kota yang ada di Kepri akan terhubung mengunakan kapal roro. Seperti Tanjungpinang - Dabo. “Warga Tanjungpinang dan Dobo Singkep tak lama lagi sudah bisa bawa mobil. Baik dari Pinang maupun dari Dabo,” ujarnya.

Ditambahkannya, kapal KMP Sembilang sudah ada, dan tim dari Kementerian Perhubungan RI, sudah turun untuk melakukan verifikasi KMP Sembilang. Setelah selesai verifikasi baru dilanjutkan dengan penempatan kru.

“Kita maunya bulan ini sudah dioperasikan. Kita sedang menunggu keputusan dari pusat,” tegasnya.

Sedangkan pulau-pulau yang sudah terhubungan dengan roro, yakni Batam-Tanjunguban (Bintan), saat ini dilayari dua kapal, setiap hari empat kali keberangkatan dari Batam maupun dari Tanjunguban. Kemudian dari Batam-Karimun, Tanjungpinang-Karimun. Tak lama lagi Tanjungpinang-Dabo Singkep dan Dabo Singkep-Jambi.

‘’Ekonomi Kepri terus berkembang. Adanya kapal Roro yang menghubungkan antara kabupaten/kota kita harapkan perekonomian masing-masing daerah di Kepri terus meningkat,” tegasnya.(eca

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar