Jumat, 03 April 2009

Karimun-Buton Bakal Terhubung

From Tribun Batam

Jumat, 27 Maret 2009
Pelabuhan Roro Parit Rempak Segera Beroperasi
Kapal Mampu Angkut 20 Unit Mobil
KARIMUN, TRIBUN - Hubungan antara daerah Karimun dan Buton akan semakin dekat. Pasalnya, Pelabuhan Parit Rempak di Meral akan dilengkapi angkutan laut kapal roll on roll of (Roro) yang melayani Tanjungbalai Karimun, Kepri, ke Tanjung Buton, Riau.
“Kapalnya sudah akan didatangkan. Satu kapal nanti peruntukan dari Karimun ke arah Pelabuhan Mengkapan, Tanjung Buton Provinsi Riau,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Karimun, H Cendra Nawazir, kepada Tribun, Rabu (25/3). Mengenai kepastiannya waktu pengoperasioanal pelabuhan berdana Rp 64 Miliyar ini, Cendra mengatakan belum bisa memastikan tepat waktunya.
“Kita sedang dalam rapat-rapat dengan instansi terkait lainnya. Pusat juga sudah keluar perintah mengenai rapat-rapat persiapan pengoperasionalannya. Kalau waktu pastinya, tunggu hasil rapat-rapat kita dengan BP (badan pengusahaan) kawasan FTZ,” ungkapnya.
Kapal pengangkut nanti diperkirakan berkapasitas 500 GRT. Muatan kapal nanti diperkirakan mencapai 20 unit mobil kecil seperti sedan dan mobil pick-up kecil lainnya. Sementara untuk kendaraan besar seperti truk diperkirakan mampu menampung sekitar 15 unit.
Pengoperasian pelabuhan Roro ini terbilang cukup lama ditunggu-tunggu masyarakat Karimun yakni sejak 1994. Pasalnya, Karimun sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga memiliki potensi besar mengembangkan ekonominya. Khususnya dengan cara berhubungan lagi daerah lain di luar Karimun.Pelabuhan yang menggunakan dana APBN sebesar Rp 30 Miliyar, APBD Propinsi Kepri Rp 4 Miliyar dari APBD Kabupaten Karimun Rp 32 Miliyar ini sudah mendekati persiapan. Fasilitas lainnya seperti perkantoran instansi terkait juga sudah cukup memadai, termasuk fasilitas untuk angkut kendaraan penghubung antar propinsi. (msa)
Komentar (0) >>

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar