Jumat, 03 April 2009

Roro Antarprovinsi Segera Beroperasi

From Batam Pos

Jumat, 27 Maret 2009
KARIMUN (BP) - Pemerintah dalam waktu dekat akan mengoperasikan pelabuhan roll on roll off (roro) yang berada di Parit Rampak, Karimun. Ini menyusul dikeluarkan surat perintah pelaksanaan pengoperasian roro oleh pemerintah pusat. ”Terminal roro akan segera dioperasikan, surat perintah pelaksanaan dari perintah pusat akan segera keluar,” ujar Kadis Perhubungan Karimun Cendra Nawazir, Rabu (25/3) lalu.
Teknis pelaksanaan nantinya, katanya, pemerintah pusat akan menyediakan kapal GT 500 ton. Sedangkan Pemkab diberi kepercayaan untuk menyediakan roro yang akan digunakan. Rencananya, roro yang disiapkan mampu mengangkut 20 unit mobil ukuran sedang. Untuk mobil ukuran besar hanya bisa diangkut sebanyak 15 unit.
Rencananya kapal ini digunakan untuk antarprovinsi yakni dari Pelabuhan Tanjungbalai Karimun ke Pelabuhan Mengkapan, Buton, Provinsi Riau.
Jika roro sudah beroperasi kata Cendra, manfaat yang bisa diperoleh Kabupaten Karimun yakni mempermudah jalur transportasi, terutama kendaraan yang membawa sembako dan kebutuhan lainnya. Disinggung kapan pelaksanaannya, Cendra belum bisa memastikan. Tapi yang jelas tak akan lama lagi, apalagi akan diterapkan FTZ di Karimun per 1 April nanti. (bni)

http://batampos.co.id/Kepri/Kepri/Roro_Antarprovinsi_Segera_Beroperasi.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar