Kamis, 29 April 2010

2011 ASDP Operasikan Dua Kapal Roro (Tg Pinang-Kuala Tungkal)

2011 ASDP Operasikan Dua Roro


Kamis, 29 April 2010

LINGGA- Ditargetkan menjelang akhir tahun 2010 ini, pembangunan dermaga roll On rool off (Roro) Desa Jagoh, Kecamatan Singkep Barat selesai. Selanjutnya, setahun kemudian pihak pengelolah akan mengoperasikan dua kapal roro rute Jagoh-Kuala Tungkal dan Jagoh-Tanjungpinang. Pembangunan dermaga Roro di Jagoh, Kecamatan Singkep merupakan proyek Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Provinsi Kepri, yang dikerjakan secara bertahap. Dikabarkan pembangunan pelabuhan tersebut sudah dimulai sejak tahun 2007 lalu menggunakan dana APBN.

"Pembangunan dermaga Roro digesa selesai dalam tahun 2010 ini. Seluruh dananya dibiayai APBN. Sementara pembuatan kapal Roro sudah dalam tahap dikerjakan," kata Penanggung Jawab Proyek SNVT ASDP Kepri, Marzuki kepada wartawan belum lama ini.

Dikatakannya, pada tahap awal ada dua kapal Roro. Satu rute Jagoh-Tanjungpinang dan satu lagi rute Jagoh-Kuala Tungkal. Bobot kapalnya 550 GT. Lebih besar sedikit dari kapal ASDP KM Kuala Batee II yang rutenya Telaga Punggur (Batam)-Tanjung Uban (Bintan).

"Dengan beroperasinya dua kapal Roro di tahun 2011 mendatang, berarti jarak Jagoh ke Kuala Tungkal kian dekat. Begitu pula dengan jarak ke Tanjungpinang. Warga sudah bisa memanfaatkan pelabuhan Roro untuk membawa kendaraan roda dua maupun roda empat dari dalam dan keluar Lingga," ujarnya.

Selain rute Jagoh ke Tanjungpinang dan Kuala Tungkal, nantinya juga dioperasikan rute Jagoh-Penarik, Kecamatan Lingga. Tujuannya agar akses dari Dabo Singkep ke Daik Lingga lebih lancar. Kenderaaan baik roda dua dan roda empat bisa dibawa. Tahun ini juga dibangun jalan menuju arah dermaga Roro Jagoh.

"Sebelumnya pembangunan dermaga Roro Jagoh memasuki tahap IV tahun 2009 lalu. Dananya sebesar Rp3,9 miliar dari APBN melalui SNVT ASDP Kepri. Pembangunan dilakukan secara bertahap dan ditanggung APBN," ungkapnya. (sm/in)

http://sijorimandiri.net/fz/index.php?option=com_content&task=view&id=16800&Itemid=42

Tidak ada komentar:

Posting Komentar