Rabu, 30 Juni 2010

Dermaga Roro Selesai Akhir 2010

Dermaga Roro Selesai Akhir 2010


Rabu, 30 Juni 2010 09:46

LINGGA (BP) - Pembangunan dermaga roll on roll off (Roro) Desa Jagoh, Kecamatan Singkep Barat ditargetkan selesai akhir 2010. Saat pembangunan dermaga tahap akhir sedang dikerjakan. Jalan menuju dermaga juga sedang dikerjakan.

Penanggung Jawab Proyek Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Kepri, Marzuki mengatakan, pembangunan dermaga digesa memasuki tahap akhir. ”Ini proyek APBN. Tahun 2010 dilanjutkan lagi pembangunannya. Kita targetkan selesai akhir 2010,” kata Marzuki, baru-baru ini.

Selain proyek dermaga, juga sedang berlangsung pengerjaan jalan menuju ke dermaga. “Sama-sama sedang dikerjakan. Kedua proyek nantinya selesai bersamaan, sehingga roro bisa dioperasikan,” ujarnya.

Dijelaskan, ASDP mulai 2011 rencananya mengoperasikan dua kapal roro rute Jagoh-Kuala Tungkal (Jambi) dan Jagoh-Tanjungpinang. Bobot kapalnya 550 GT. Lebih besar sedikit dari kapal ASDP KM Kuala Batee II yang rutenya Telaga Punggur (Batam)-Tanjung Uban (Bintan).

“Dengan beroperasinya dua kapal Roro di tahun 2011 mendatang, berarti jarak Jagoh ke Kuala Tungkal kian dekat. Begitu pula dengan jarak ke Tanjungpinang. Warga sudah bisa memanfaatkan pelabuhan Roro untuk membawa kendaraan roda dua maupun roda empat dari dalam dan keluar Lingga,” katanya.

Selain rute Jagoh ke Tanjungpinang dan Kuala Tungkal, nantinya juga dioperasikan rute Jagoh-Penarik, Kecamatan Lingga. Tujuannya agar akses dari Dabo ke Daik lebih lancar. Kenderaaan baik roda dua dan roda empat bisa dibawa. (dea)

http://www.batampos.co.id/pro-kepri/pro-lingga/dermaga-roro-selesai-akhir-2010.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar