Sabtu, 22 Agustus 2009

Kapal Roro Beroperasi Jelang Lebaran

Kapal Roro Beroperasi Jelang Lebaran

Jumat, 24 Juli 2009

KARIMUN (BP) - Pengoperasian kapal roro (roll on-roll off), rute Parit Rampak ke Pelabuhan Buton Provinsi Riau molor, karena Dishub masih menunggu surat izin dari Menteri Perhubungan. ”Surat yang kita tunggu, yakni serah terima kapal roro dari pusat ke ASDP (Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan),” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun Cendra Nawazier, Kamis (23/7).
Jika surat ini sudah ada, kata Cendra, maka pihaknya akan sesegera mungkin mengadakan pertemuan dengan pemerintah Provinsi Riau. Ini dilakukan karena rute pelayaran melalui dua provinsi.
Pada dasarnya kata Cendra, pihaknya sudah siap untuk mengoperasikan kapal roro tersebut. Apalagi kehadiran kapal ini bisa meningkatkan perekonomian dan mempermudah transportasi ke dan dari Karimun ke Riau daratan. ”Sebagai bentuk kesiapan, kita telah melakukan uji coba kapal roro di Pelabuhan Parit Rampak, Alhamdulillah semuanya lancar,” ujar Cendra lagi.
Disinggung kapan kemungkinan surat izin bisa keluar dan kapal bisa beroperasi, Cendra mengatakan pihaknya masih terus melakukan koordinasi dengan Menteri Perhubungan. Mudah-mudahan menjelang lebaran ini, kapal tersebut bisa beroperasi. Karena seperti diketahui, musim lebaran nanti, banyak masya rakat yang bisa memanfaatkan jasa roro untuk mudik lebaran.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah pusat memberikan bantuan berupa satu unit kapal roro ke Kabupaten Karimun. Kapal roro yang diberi nama KMP Senangin GT 560 No 2660/Ba ini telah merapat di Pelabuhan Roro Parit Rampak sejak tanggal 28 Mei lalu.
Kapal ini nantinya mampu membawa sekitar 200 penumpang, 18 truk, dan 7 sedan. Dengan adanya kapal ini, memudahkan masyarakat Karimun yang memiliki mobil membawa kendaraannya jika mudik lebaran. (bni)

http://batampos.co.id/KEpri/KEpri/Kapal_Roro_Beroperasi_Jelang_Lebaran.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar