Jumat, 18 September 2009

Roro Karimun - Riau Beroperasi (Ahamdulillah)




Roro Karimun - Riau Beroperasi


Jumat, 18 September 2009

Angkut 13 Mobil dan 5 Motor
Kapal roll on roll off (roro) dari Parit Rampak, Karimun tujuan Tanjungbuton, Riau mulai dioperasikan, Kamis (17/9) kemarin. Sebanyak 13 unit kendaraan pribadi dan lima motor diangkut KM Sinangin pada pengoperasian perdana tersebut. Pengoperasian kapal penyeberangan ini diresmikan oleh Bupati Karimun, Nurdin Basirun.
”Alhamdulillah, akhirnya pelayaran perdana bisa kita lakukan. Untuk pertama ini, sebanyak 13 unit mobil pribadi dan 5 motor ikut serta dalam KM Senangin tujuan Tanjungbuton. Untuk penumpang umum, sebanyak 80 orang,” jelas Kepala Dinas Perhubungan Karimun, Cendra MSi yang ditemui usai peresmian Roro.
Meski perdana, kata Cendra, ternyata sambutan masyarakat Karimun cukup tinggi. Ini bisa dibuktikan dengan cukup banyak mobil pribadi yang diangkut. Baik oleh warga yang berasal dari luar maupun Kabupaten Karimun sendiri. ”Mereka yang membawa kendaraan tentu ingin merayakan Idul Fitri di kampung. Paling tidak, kemudahan transportasi sudah bisa teratasi. Artinya, begitu tiba di Pelabuhan Tanjungbuton, mereka bisa langsung melanjutkan perjalanan tanpa harus mencari transportasi lagi,” tutur Cendra.
Untuk jarak tempuh perjalanan dari Parit Rampak ke pelabuhan Tanjungbuton, Cendra memperkirakan memakan waktu 10 jam. Itu artinya, jika berangkat pukul 19.00 WIB, diperkirakan sampai di pelabuhan Tanjungbuton sekitar pukul 05.00 WIB.
”Begitu tiba, dan menurunkan dan menaikan penumpang, KM Sinangin langsung berlayar lagi menuju Tanjungbalai Karimun. Pada Jumat (18/9) sore, kembali diberangkatkan ke Tanjungbuton,” beber Kadishub.
Mengenai berapa besar tarif angkutan mobil maupun kendaraan bermotor, dijelaskan Cendra, sudah ada ketentuan yang mengaturnya. Untuk mobil pribadi dikenakan biaya sebesar Rp918 ribu, truk Rp1,2 juta. Sedangkan sepeda motor roda dua sebesar Rp100 ribu. ”Sesuai kapasitas, daya angkut KM Sinangin, yakni 12 truk, tujuh mobil sedan, dan 214 orang penumpang,” ungkapnya.


1 komentar:

  1. http://asyikonline.com

    jejaring sosial pesaing berat FACEBOOK,yang dibuat oleh seorang anak SMA Indonesia ,-->" memiliki fitur-fitur yang sangat menarik,yang belum ada di jejaring sosial lainnya, ayo gabung, ajak teman-teman kk.. (^_^)". salam kenal dari saya... :)

    BERASAL DARI KARIMUN KEPULAUAN RIAU

    BalasHapus