Sabtu, 02 Juli 2011

KMP Sembilang segera layari rute Jagoh - Kuala Tungkal
























SINGKEP BARAT, GERBANGLINGGA.COM - Kapal Roll On Roll Off (Roro) KMP Sembilang, mulai Agustus 2011 mendatang beroperasi melayari rute Jagoh (Singkep Barat)- Kuala Tungkal (Jambi). Pembangunan dermaga roro di Jagoh saat ini dalam tahap penyelesaian tahap akhir. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek dermaga Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Provinsi Kepri, Purbo Adi Saputro mengatakan, saat ini pembangunan dermaga dalam tahap finishing. Setelah selesai nantinya dilakukan ujicoba. ”Kuartal ketiga 2011 sekitar bulan Agustus beroperasi. Kapalnya juga dalam pengerjaan. Namanya KMP Sembilang, 500 GT,” kata Purbo, beberapa waktu lalu.

Dalam pengelolaan Dermaga Roro Jagoh, nantinya pihak ASDP menawarkan kepada Pemkab Lingga. Selain membangun Dermaga Roro Jagoh, pihaknya juga membangun dermaga roro di Penarik (Lingga) tahun depan. ”Tahap awal beroperasi kapal roro Jagoh-Kuala Tungkal. Ke depannya, ada kapal roro Jagoh-Penarik dan Jagoh-Tanjungpinang,” ujarnya.

Ditanya jarak tempuh dan lama perjalanan dari Jagoh ke Kuala Tungkal, Purbo mengatakan, dengan kecepatan sekitar 10 knot, lama perjalanan dapat ditempuh sekitar tujuh jam. Nantinya kapal dipercepat jadi 11 knot. ”Sejauh ini tak ada kendala jelang finishing dermaga dan pembuatan kapal,” katanya.

Dengan beroperasinya kapal roro ini berarti jarak Jagoh ke Kuala Tungkal kian dekat. Warga sudah bisa memanfaatkan pelabuhan roro untuk membawa kendaraan roda dua maupun roda empat. Banyak harapan dengan beroperasinya dermaga roro Jagoh. Akses dari Dabo Singkep menuju Kuala Tungkal (Jambi) jadi lebih dekat. Begitu juga nantinya akses ke Tanjungpinang dan Daik Lingga. Saat ini cukup sulit membawa kenderaan roda dua dan roda empat dari Dabo menuju Jambi, Tanjungpinang, dan Daik Lingga.

Sebelumnya, pembangunan dermaga Roro Jagoh memasuki tahap IV tahun 2009 lalu. Dananya sebesar Rp3,9 miliar dari APBN melalui SNVT ASDP Kepri. Pembangunan dilakukan secara bertahap dan ditanggung APBN.(ONI)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar