Jumat, 25 September 2009

2010, Kapal Roro Layari Pinang-Karimun-Sumatera

2010, Kapal Roro Layari Pinang-Karimun-Sumatera

Kamis, 24 September 2009
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun H Cendra mengatakan, setelah sukses membuka rute kapal roll on roll off (roro) Karimun-Tanjungbuton, Pekanbaru, tahun depan rute Tanjungpinang-Karimun-Pekanbaru akan menyusul. ”Insya Allah tahun depan dibuka pula jalur kapal Roro dari Tanjungpinang tujuan Parit Rampak Karimun. Dengan demikian Pulau Sumatra sudah tersambung dari Pekanbaru hingga Tanjungpinang Kepri melalui kapal Roro,” tegasnya, kemarin.
Ditambahkan Cendra, dengan beroperasinnya nanti pelabuhan Roro Tanjungpinang, Karimun dan Pekanbaru, hal itu jelas mempercepat pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau dan Provinsi Kepri. Sedangkan untuk rute sekarang ini, jadwal kapal roro dari Karimun adalah setiap Kamis dan Sabtu. Sedangkan dari Pekanbaru hari Jumat dan Minggu.
Sementara itu, Bupati Karimun Nurdin Basirun mengaku beroperasinya pelabuhan roro Karimun sejak tanggal 17 September lalu di Parit Rampak tujuan Tanjungbuton Pekanbaru menjadi harapan baru bagi peningkatan ekonomi masyarakat KarimunSebagaimana dijelaskan Bupati Karimun, H Nurdin Basirun saat pelepasan kapal Roro KM Senangin beberapa waktu lalu mengatakan, ”Dengan makin lancarnya arus barang dan orang ke Karimun, tentu saja dapat memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ujar Nurdin saat pelepas kapal roro tanggal 17 September lalu.
Menurutnya, arus lalu lintas barang dan orang akan semakin padat teruatam para pedagang yang membawa barang dagangannya dari Pekanbaru Riau dan Sumbar seperti sayur-mayur semakin cepat sampai di Karimun. Hal itu dengan adanya pelayanan kapal Roro yang beroperasi dua kali seminggu.
“Banyak peluang bisnis yang bisa dilakukan dengan beroperasinya kapal Roro dari Karimun tujuan Tanjungbuton Pekanbaru Riau. Saat ini terbuka lebar peluang usaha, hal itu terpulang bagi masyarakat karimun guna memanfaatkan pelung bisnis yang ada,” bebernya. (yud)

1 komentar:

  1. kapan ada roro tanjungpinang-karimun...katanya tahun 2010. tahun 2010 udah hampir habis...tapi belum ada tanda-tandanya

    BalasHapus