Minggu, 16 Oktober 2011

Desember, RoRo Satukan Bintan – Provinsi Jambi


BERTAMBAH: Selain KMP Kuala Batee yang melayani rute Bintan - Batam ini, akan hadir RoRo Bintan - Kualatungkal, Jambi.

TANJUNGUBAN - Setelah sekian lama menikmati pelayaran Roll on Roll off (RoRo) Tanunguban – Batam, warga Pulau Bintan akan mendapatkan fasilitas dari PT ASDP (Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan) Cabang Batam berupa penyeberangan Bintan – Kualatungkal, Provinsi Jambi.

Rute pergi pulang yang akan segera dinikmati warga ini diluncurkan Desember bulan depan. Demikian disampaikan seorang pegawai ASDP, Zakirsyah, kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.
Sebuah kapal RoRo sudah selesai dibuat. “Kapal baru yang jauh lebih besar dibandingkan dengan KMP Kuala Batee yang saat ini melayani Tanjunguban – Telaga Punggur, Batam,’’ ucapnya.
Dikatakannya kapal baru produksi PT PAL Surabaya tersebut saat ini sudah berada di pelabuhan ASDP Kuala Tungkal. Jika sudah beroperasi, kapal baru ini akan berlayar dua kali seminggu dan dengan jarak tempuh 24 jam dari Pelabuhan ASDP Tanjunguban ke Pelabuhan Kuala Tungkal.
Selain itu, PT ASDP juga merencanakan pembukaan rute RoRo baru dari Tanjunguban ke gugusan Pulau Tujuh, yang masuk wilayah Kabupaten Anambas dan Natuna.
Dengan dibukanya akses baru maka masyarakat kedua daerah akan terbantu. Selain itu berdampak kepada sektor ekonomi dengan masuknya bahan kebutuhan pokok dari Jambi
ke Kepri.

“Sayur-sayuran, kopi dan masih banyak lagi sembako yang akan membanjiri Kepri,’’ jelasnya. Kepala PT ASDP Cabang Batam, Dadag Wijanarko belum berhasil dikonfirmasi mengenai rencana penambahan rute ini.(noc)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar