Sabtu, 22 Oktober 2011

KMP Lome Berlayar Perdana

KMP Lome Berlayar Perdana
TANJUNGPINANG- Kepala Dinas Perhubungan Perovinsi Kepri Muramis meresmikan pelayaran perdana KMP Lome, kapal roro yang akan melayari rute Tanjungpinang-Karimun, dan sebaliknya, Jumat (21/10) di Pelabuhan Roro di Dompak, Tanjungpinang. KMP Lome dilepas dengan acara sederhana.
Turut hadir di acara pelepasan pelayaran perdana KMP Lome sejumlah kepala SKPD di lingkungan Pemprov Kepri. Tampak juga hadir Kepala Dinas Perhubungan Kota Tanjungpinang Hamalis, Kepala PT ASDP Batam Dadag Wijarnarko, serta perwakilan dari PT ASDP Pusat Moch Taslim.

Menurut Muramis, KMP Lome tersebut akan melayani rute lintas Tanjungpinang-Karimun sebanyak dua kali dalam satu minggu, dengan jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Dompak Tanjungpinang setiap Senin dan Jumat tiap pukul 09.00 WIB. Sedangkan dari Pelabuhan Parit Rempat Karimun ke Tanjungpinang, setiap hari selasa dan Sabtu pukul 09.00 WIB. Pelayaran akan memakan waktu sekitar 7 sampai 8 jam.

"Jika di kemudian hari animo masyarakat Kota Tanjungpinang dan masyarakat Kabupaten Tanjung Balai Karimun meningkat, maka jadwal keberangkatannya akan ditambah," kata Muramis.

KMP Lome dengan ukuran 532 Gross Ton, dapat mengangkut sebanyak 22 unit kendaraan campuran yang terdiri dari 7 unit truk dan 15 unit sedan dan dapat mengangkut sebanyak 214 penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tanjungpiang Hamalis mengatakan, kapal roro ini akan dikelola oleh Pemko Tanjungpinang, melalui Dinas Perhubungan. "Secara operasional kita yang mengelola di Pelabuhan Dompak, sedangkan kapal akan dioperasikan oleh ASDP," terangnya. (sut)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar