Karimun (ANTARA News) - Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau menambah jadwal keberangkatan kapal roro KMP Senangin yang melayani rute Tanjung Balai Karimun tujuan Mengkapan, Buton, Riau pada puncak arus mudik maupun balik Idul Fitri 1432 Hijriah.

''Jadwal keberangkatan kapal roro akan ditambah untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik maupun balik,'' kata Kepala Bagian Humas Sekretariat Kabupaten Karimun Muhammad Yosli, di Tanjung Balai Karimun, Jumat.

Yosli mengatakan penambahan jadwal keberangkatan roro sesuai dengan surat edaran  Dinas Perhubungan Karimun No 550/Dishub/392/2011.

KMP Senangin, satu-satunya kapal roro tujuan Buton akan menambah jadwal keberangkatan mulai 22 Agustus 2011 atau pada H-8 Lebaran.

Jika pada hari biasa, kapal tersebut berangkat setiap Senin dan Jumat dalam sepekan, maka pada puncak arus mudik ditambah pada Rabu (24/8), Jumat (26/8) dan Minggu (28/8).

Penambahan juga berlaku saat arus balik, yaitu pada Senin (5/9), Rabu (7/9) dan Jumat (9/9).

''Dengan penambahan tersebut, maka jadwal keberangkatan KMP Senangin dari Buton ke Karimun praktis bertambah,'' ucap Yosli.

Dia menjelaskan, penambahan jadwal keberangkatan dari Buton yaitu pada Selasa (23/8), Kamis (25/8) dan Sabtu (27/8) dan Kamis (1/9).

Sedangkan pada arus balik, penambahan jadwal keberangkat ditetapkan pada Sabtu (3/9), Selasa (6/9), Kamis (8/9) dan Sabtu (10/9).

''Setelah itu, jadwal keberangkatan KMP Senangin kembali ke jadwal reguler,'' ucapnya.

Dia mengharapkan penambahan jadwal tersebut dapat menampung lonjakan penumpang kapal di pelabuhan domestik Tanjung Balai Karimun.

''Pengalaman tahun lalu, lonjakan tertinggi terjadi pada jurusan Buton. Kami berharap pemudik memanfaatkan KMP Senangin untuk mudik,'' katanya.

(ANT-RD/Btm1)