Selasa, 02 Agustus 2011

Kapal RoRo KMP Lome Mulai Beroperasi 13 Agustus

Layani Penyeberangan Tpi-Karimun

TANJUNGPINANG- KMP Lome, kapal penyeberangan atau roro yang akan melayani rute pelayaran Tanjungpinang-Karimun dan sebaliknya telah tiba di Tanjungpinang, Snein (1/8). Kapal bantuan dari Pusat itu akan mulai beroperasi pada Sabtu (13/8) nanti.

Kapal bantuan yang sudah beberapa tahun lalu diajukan Pemprov Kepri itu, pada saat beroperasi akan langsung membawa Gubernur Kepri HM Sani ke Karimun dalam program Safari Ramadhan.

"Kapal Lome akan lsg membawa Gubernur Kepri Safari Ramadhan ke Karimin pada 13 Agustus nanti," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri Muramis kepada Wartawan, Selasa (2/8).

Menurut Muramis, pengadaan kapal roro untuk jurusan tersebut dianggarkan pusat melalui APBD Kepri. Tujuannya untuk mempermudah akses transportasi, terutamanya lagi dalam mendistribusian kebutuhan bahan pokok.Kapal ini akan melayani Tanjungpinang-Karimun sebanyak 3 kali seminggu dengan kapasitas 214 kursi dan mampu menampung 20 unit kendaraan jenis Truk. Sedang lama perjalanan yang akan ditempuh kapal ini diperkirakan 6-7 jam dengan jarak tempuh sekitar 73 mil laut.

"Saya tidak ingat persis berapa anggarannya. Namun yang jelas kapal roro itu dianggarkan melalui APBN, dan diproduksi oleh PT Mariana Bahagia Palembang. Saat ini kapal roro tersebut telah sandar di Pelabuhan Dompak dan siap untuk dioperasikan," imbuhnya.

Keberadaan kapal roro ini merupakan program prioritas yang sejalan dengan program pengembangan sektor maritim, khususnya bidang kepelabuhanan. Selama ini, arus barang dari Tanjungpinang mengandalkan kapal kargo yang terbatas.

Setelah kapal roro KM Lome beroperasi, warga Karimun bisa membawa kendaraannya ke Tanjungpinang, begitu juga sebaliknya. Muramis yakin, kehadiran KM Lome sangat positif bagi pengembangan perekonomian masyarakat.

"Dengan membuka akses transportasi ini diharapkan akan mampu memacu peningkatan perekonomian masyarakat," tandasnya.(rul)
http://www.haluankepri.com/news/tanjungpinang/15392-kmp-lome-mulai-beroperasi-13-agustus-.html

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar