Sabtu, 06 Agustus 2011

Jadwal Kapal Roro Tanjung Pinang - Karimun - Buton Sumatera Ditambah

Jadwal Roro Ditambah


 Lintasan Pulau Bintan - Pulau Karimun : 2 Kali Seminggu (Durasi pelayaran 6 -7 jam)

Jadwal RoRo Tanjung Pinang Bintan ke Tanjung Balai Karimun
- Berangkat tiap hari Senin dan Jumat Pukul TBA pagi
Jadwal RoRo Tanjung Balai Karimun ke Tanjung Pinang Bintan
- Berangkat tiap hari Senin dan Jumat Pukul TBA pagi

Tarif
Dewasa : Rp. 47.000
Anak : Rp. 32.000
Motor + pengemudi : Rp. 124.000
Mobil + pengemudi : Rp. 862.000
Mobil PickUp + pengemudi : Rp. 778.000
Bus : Rp 1.661.000
Truk : Rp 1.365.000.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang ingin mudik Lebaran dengan membawa kendaraan ke luar Karimun, yakni ke Pekanbaru dan sekitarnya, jadwal kapal roro KM Senangin ditambah.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Karimun Cendra, kemarin (5/8). Menurutnya, jika sebelumnya jadwal roro yang melayani rute Pelabuhan Parit Rampak (Karimun) menuju Pelabuhan Mengkapan Buton (Riau), satu minggu dua kali, maka 10 hari menjelang lebaran, jadwalnya ditambah menjadi empat kali dalam seminggu.

Tanggal keberangkat dari Karimun, yakni 22, 24, 26, dan 28 Agustus. Sedangkan untuk mengantisipasi penumpang yang ingin pulang ke Karimun setelah lebaran, KM Senangin juga menambah jadwal, yakni tanggal 1, 3, 6, 8, dan 10 September. ”Adanya penambahan jadwal ini, mengingat minat warga Karimun mudik Lebaran menggunakan mobil sangat besar. Selain itu, juga untuk membantu penumpang yang tidak membawa kendaraan. Mereka bisa naik kapal ini,” ujarnya.

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, minat masyarakat menggunakan roro ini sangat tinggi. Ini terlihat pada angkutan lebaran tahun lalu. Di mana jasa penumpang dewasa yang berangkat dari Karimun mencapai 1997 orang, anak-anak 377, sepeda motor 139 unit dan mobil 171 unit. Sedangkan jumlah kedatangan sebanyak 982 penumpang dewasa, 218 anak-anak, 90 sepeda motor dan 125 kendaraan roda empat.

“Dan tahun ini kita memperkirakan jumlah penumpang dewasa yang menggunakan kapal ini mencapai 2.000 orang,” ujarnya. Ditanya mengenai rencana pengoperasi kapal Roro rute Tanjungpinang-Karimun, Cendra mengatakan sudah melakukan pertemuan dengan dinas perhubungan provinsi dan instansi terkait lainnya. Dalam pertemuan tersebut, kapal akan beroperasi tanggal 13 Agustus 2011 ini. “Rencana, pelepasannya akan dilakukan Gubernur Kepri HM Sani dan kedatangannya pun disambut oleh Bapak Sani,” ujarnya.

Dalam hal ini pihaknya menyambut baik beroperasinya kapal tersebut, karena akan menghubungkan pulau-pulau yang ada di Kepri. Selain itu, juga membantu membawa berbagai kebutuhan barang. Namun, kata Cendra, pihaknya mengusulkan kepada Provinsi Kepri, khusus pada H-10 jelang Lebaran, kapal Roro dari Tanjungpinang tersebut tidak boleh menurunkan Kendaraan di Karimun, khusus untuk kendaraan yang bersifat transit atau melanjutkan perjalanan ke Mengkapan.

Alasannya kata Cendra, KM Senangin sudah penuh oleh kendaraan masyarakat Karimun yang ingin mudik Lebaran. “Kalau kendaraan yang dibawa tidak melanjutkan perjalanan atau digunakan di Karimun, itu tak masalah, dan bisa di turunkan di Karimun,” ujarnya.

Mengatasi hal ini, kata Cendra, pihaknya mengusulkan, jika ada warga Tanjungpinang yang ingin mudik ke Riau daratan membawa kendaraan, maka bisa dilayani langsung Kapal Roro dari Tanjungpinang, tanpa harus transit dulu di Karimun menggunakan KM Senangin. Karena tidak tertutup kemungkinan banyak warga Tanjungpinang yang ingin mudik lebaran membawa kendaraan.

“Kalau kendaraan tersebut diturunkan di Karimun dan melanjutkan perjalanan dengan KM Senangin, dikuatirkan terjadi penumpukan kendaraan di Karimun. Dan kecil kemungkinan mereka bisa melanjutkan perjalanan karena keterbatasan daya angkut kendaraan oleh KM Senangin,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu Cendra mengatakan, setelah lebaran nantinya, maka pihaknya akan mengatur atau mensinkronkan jadwal keberangkatan antara roro Tanjungpinang-Karimun dengan roro Karimun-Mengkapan. Sehingga penumpang bisa langsung transit tanpa harus menginap terlebih dahulu di Karimun. “Kalau roro dari pinang sampai di Karimun sorenya, maka malamnya roro kita berangkat ke Mengkapan,” tambahnya. (bni)

http://www.batampos.co.id/index.php/2011/08/06/jadwal-roro-ditambah/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar