Jumat, 05 Agustus 2011

Tarif Kapal Roro KMP Lome Tanjung Pinang - Karimun

Pulau Bintan - Pulau Karimun : 2 Kali Seminggu
(Durasi pelayaran 6-7 jam)

Jadwal RoRo Tanjung Pinang Bintan ke Tanjung Balai Karimun
- Berangkat tiap hari Senin dan Jumat Pukul 09.00 pagi
Jadwal RoRo Tanjung Balai Karimun ke Tanjung Pinang Bintan
- Berangkat tiap hari Minggu dan Rabu Pukul 09.00 pagi


Tarif
Dewasa : Rp. 47.000
Anak : Rp. 32.000
Motor + pengemudi : Rp. 124.000
Mobil + pengemudi : Rp. 862.000
Mobil PickUp + pengemudi : Rp. 778.000
Bus : Rp 1.661.000
Truk : Rp 1.365.000.

Tarif kapal roll on roll off (roro) KMP Lone rute Tanjungpinang-Tanjungbalai Karimun, sudah ditetapkan. Untuk calon penumpang dikenakan tarif Rp60 ribu. Sementara untuk truk ditetapkan sebesar Rp850 ribu per unit. Selain itu, kategori Sedan Rp700 ribu per unit, dan sepeda motor Rp120 ribu.
Keputusan ini sesuai hasil rapat penyesuaian tarif pemerintah daerah dengan Kementerian Perhubungan bersama Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), Rabu (3/8) tentang tarif pengangkutan kendaraan dan penumpang roro KMP Lone jalur Tanjungpinang-Tanjungbalai Karimun, di Kantor Gubernur Kepri.
”Tarif tersebut nanti akan dilaporkan ke Gubernur untuk dimintai persetujuannya,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kepri Muramis, Rabu (3/8).
Dikatakan Muramis, penetapan tarif tersebut sesuai jarak tempuh Tanjungpinang-Karimun. Atau melintasi perairan sepanjang 73 mil, dengan jarak waktu tempuh sekitar enam sampai tujuh jam.
Jika sudah disetujui, maka tarif tersebut akan berlaku pada hari Sabtu (13/8), bersamaan dengan hari pertama beroperasinya roro. Nantinya acara pelepasan perdana lansung dilakukan Gubernur Kepri M Sani, dan kembali disambut gubernur pada hari yang sama di Karimun bersamaan dengan Safari Ramadan.
Adapun KMP Lone, memiliki panjang keseluruhan 45,50 meter, lebar 12 meter, tinggi geladak 3,2 meter, sarat air, 2,15 meter, mesin utama 2×800 HP, kecepatan 12 knot, dengan ABK 18 orang. KMP Lone dijelaskan Muramis bisa mengangkut penumpang 214 orang ditambah 12 truk, dan tujuh sedan atau setara 22 kendaraan.
Dengan tersambungnya jalur transportasi laut Karimun-Pinang, kata Muramis, maka telah melancarkan arus transportasi dan memudahkan jalur pertumbuhan ekonomi antara kedua daerah.
Untuk melancarakan jalan darat menuju pelabuhan Dompak, kata Muramis telah membicarakannya dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) supaya cepat diperbaiki demi melancarkan arus transportasi.
Pada kesempatan ini, Muramis juga menyempatkan diri bersama pihak dinas perhubungan lainnya memantau keadaan dan fasilitas Roro KMP Lone yang dipergunakan sebagai pengangkut di Pelabuhan Dompak. Hadi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar