Selasa, 23 Agustus 2011

Roro Pinang - Karimun ditunda (III)

Kapal Roro Tanjungpinang-Karimun Belum Dipastikan

Oleh: Nikolas Panama

Tanjungpinang (ANTARA News) - Jadwal KMP Lome dari Pulau Dompak, Tanjungpinang menuju Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, belum dapat dipastikan karena Kementerian Perhubungan belum menyerahkan kapal tersebut kepada PT ASDP Indonesia Ferry.

Serah terima kapal roro rute Tanjungpinang-Karimun itu juga tidak semudah yang dibayangkan oleh berbagai pihak, karena harus melalui beberapa tahapan, kata Kepala PT ASDP Indonesia Ferry Batam, Dadag Wijanarko, Senin.

Tahapan yang harus dilaksanakan antara lain, PT ASDP pusat mengirimkan tim untuk mengevaluasi, memeriksa dan menginventarisasi aset. Tim tersebut telah melaksanakan tugasnya, dan pada hari ini langsung berangkat ke Ternate untuk melaksanakan tugas yang sama.

"Mereka langsung berangkat ke Ternate untuk mengevaluasi, memeriksa dan menginventarisasi aset kapal roro di daerah tersebut. Saat ini ada 8 kapal roro yang akan beroperasi di Indonesia," ungkapnya.

Sebelumnya, Kapal KMP Lome dijadwalkan akan melakukan perjalanan perdana dari Tanjungpinang menuju Karimun pada 13 Agustus 2011, namun terpaksa ditunda, karena mengalami kendala teknis.

Selain belum diserahterimakan Kementerian Perhubungan kepada PT ASDP, penundaan jadwal pelayaran kapal roro itu pada saat itu juga disebabkan PT ASDP kekurangan anak buah kapal.

PT ASDP membutuhkan tiga orang tenaga kerja yang akan ditempatkan di kamar mesin Kapal KMP Lomei. Saat ini, kata dia, tenaga teknis yang dibutuhkan telah disiapkan PT ASDP.

"Sekarang kami sudah memiliki tenaga teknis yang sudah disiagakan di Batam," katanya.

Kapal yang diberi nama KM Lome ini dibuat di Sumatra Selatan, menggunakan anggaran APBN, yang dikerjakan mulai 2008 hingga 2011. Kapal KMP Lome, kata dia, dapat mengangkut 214 orang penumpang, 12 kendaraan jenis truk, 7 kendaraan jenis sedan dan 22 roda dua.

"KMP Lome tiba di Pelabuhan Dompak pada Senin (1/8-2011). Perjalanan dari Tanjungpinang menuju Karimun diperkirakan menelan waktu selama 7 jam," katanya.


(ANT-NP/S006/Btm1)
http://kepri.antaranews.com/berita/18185/jadwal-kapal-roro-tanjungpinang-karimun-belum-dipastikan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar